PRESS RELEASE
From Seoul To Jakarta Raih 3 Nominasi
di Madrid International Film Festival

(Madrid, 5/7/15) Film From Seoul To Jakarta (FSTJ) karya sutradara Damien Dematra memperoleh 3 (tiga) nominasi dalam ajang festival film bergengsi Madrid International Film Festival yang sedang berlangsung di Madrid hingga tanggal 11 Juli 2015. Adapun kategori nominasi yang diraih film FSTJ tersebut adalah Sutradara Terbaik untuk Damien Dematra, Aktris Terbaik untuk Natasha Dematra dan Aktor Terbaik bagi Roman D Man.

Festival yang sudah dibuka secara resmi tanggal 2 Juli 2015 tersebut berlangsung di hotel The DormirDcine yang terkenal dengan cultural rooms-nya dan hotel The NH Principe de Vergara yang terletak di tengah kota Madrid. Film FSTJ telah diputar sebagai Spanish Premiere bagi penonton Spanyol dan para peserta festival dari seluruh dunia pada hari Sabtu sore tanggal 4 Juli, 2015 di ballroom hotel The DormirDcine.

Sambutan yang luar biasa diberikan oleh para penonton dari seluruh dunia. Kesan yang paling kuat dari film ini menurut beberapa penonton adalah kombinasi yang kuat antara teknik, sinematografi yang mumpuni, dan cerita filmnya yang sangat inspiratif.

Associate Producer film FSTJ, Feni Fasta, dari Universitas Mercu Buana (UMB) akan hadir langsung di festival film Madrid ini. Ia akan sekaligus mewakili sutradara, aktor, dan aktris yang menerima nominasi pada malam penghargaan berkarpet merah tanggal 11 Juli 2015 nanti. Diharapkan, film FSTJ ini dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah festival film internasional dan dapat menjadi pemicu bangkitnya perfilman Indonesia di tengah keterpurukannya saat ini.

Sederet panjang daftar penghargaan yang pernah diraih FSTJ, antara lain: Gold Kahuna dari Festival Honolulu Film Awards (Juni 2015), Golden Palm Awards dari Mexico International Film Festival (Mei 2015), satu penghargaan tertinggi dari St. Tropez International Film Festival, Perancis, untuk artis Erna Santoso dalam kategori Pemeran Pembantu Wanita Terbaik dari 6 (enam) nominasi: peran pembantu wanita terbaik (Erna Santoso), peran utama wanita terbaik (Natasha Dematra), peran utama pria terbaik (Roman D Man), penulis skenario terbaik (Damien Dematra dan Ilchi Lee), sutradara terbaik (Damien Dematra), dan film terbaik (Damien Dematra, Ilchi Lee dan Irene Christina).

Sebelumnya, FSTJ juga meraih Award of Merit (kategori artis terbaik bagi Natasha Dematra) dan sinematografi (untuk Damien Dematra) dari Accolade Global Film Competition, California, AS, dan Award of Merit dalam kategori film cerita panjang (feature film) dari San Francisco Film Awards, San Francisco, serta Award of Recognition dalam kategori artis terbaik untuk Natasha Dematra dari Indie Fest, AS.

FSTJ sendiri merupakan film kolaborasi 3 negara: Indonesia, Korea-Selatan dan Amerika Serikat yang dinahkodai sutradara Indonesia, Damien Dematra. Mengomentari dinominasikannya ia dalam festival Madrid ini, sang sutradara mengatakan merasa bangga, karena ternyata film karya anak bangsa masih dihargai di luar negeri; sedangkan Natasha Dematra merasa terharu dengan perolehan nominasi sebagai Aktris Terbaik. Baginya, perjuangan yang terasa berat ketika syuting film ini terbayar lunas. Dalam film ini, ia dituntut untuk berperan sebagai tokoh antagonis sekaligus protagonis, harus menguasai dance ala K-Pop, dan kemampuan bernyanyi ala negeri ginseng.
 

 

Lihat OST. From Seoul To Jakarta: Lantunan Romeo dan Juliet, REAL, Song for a Friend

Berita terkait:

Erna Santoso Raih Penghargaan Terbaik di Perancis

Film “From Seoul To Jakarta” Raih 6 Nominasi di Perancis

From Seoul To Jakarta, Film Kolaborasi Indonesia- Korea Selatan Raih 3 Penghargaan di AS